Rabu, 11 Maret 2015

Pohon Baobab

Baobab Pohon yang Unik

Pohon baobab biasa ditemukan di wilayah utara Australia terutama di Kimberley Plateau di Northern Territory. Dikenal pula sebagai pohon botol, pohon ini menyimpan air di bagian batang yang menggembung. Ketika musim kering tiba, para petani Australia bias memotong batang baobab dan dijadikan makanan ternak, agar tidak mati kehausan.  Baobab termasuk keluarga Bombacaceae dan memiliki nama ilmiah: Adansonia digitata.

Di Namibia, pohon baobab tumbuh tersebar di gurun Namib sekitar Swakopmund, wilayah pantai Namibia. Meski pohon baobab tak terlalu tinggi, namun pohon ini memiliki batang yang dimeternya dapat mencapai 9 meter. Pohon baobab berkeranat dengan berbagai jenis tanaman botol dan beberapa kaktus yang memiliki batang dengan bagian tengah berair. Batang ini menyimpan sejumlah besar air, sehingga memungkinkan pohon ini bertahan hidup di daerh kering.
Pohon baobab tumbuh hanya setinggi pohon maple yang besar, namun batangnya yang besar menjadikannya pohon raksa. Batang pohon baobab ditumbuhi daun yang bergerombol hingga mencapai diameter 45 meter. Buah pohon baobab sering disebut roti monyet (monkey bread), seukuran buah citron. Bagian dalam buahnya berasa asam, digunakan untuk bahan campuran minuman.


Sumber: Ningsih, Murni Irian. 2008. Ensiklopedi Mini Flora.Bandung: CV. Alfarisi Putra.

0 komentar:

Posting Komentar