Rabu, 02 September 2015

Mamalia Bertelur.

Spesies ekidna dan platipus merupakan mamalia yang tak lazim karena mereka bertelur. Kelompok hewan ini disebut monotremata, hidup hanya di Australia dan Tasmania. Ekidna bertelur di dalam kantong di perut, sementara platipus bertelur di liang.

 Ekidna

Ekidna hidung pendek hidup di Australia, Tasmania dan Nugini. Panjangnya sekitar 45 cm dan tertutupi oleh rambut serta duri tajam. Ekidna menggunakan moncongnya yang fleksibel dan lidahnya yang lengket untuk menarik semut dan rayap dari sarang. Ekidna tidak punya gigi. Serangga dilumatkan diantara banyak duri kecil di lidah dan langit-langit mulut. Hmmm.. sepertinya tajam, berduri luar dalam... hehee...





Platipus

Sungai-sungai di Australia Timur dan Tasmania adalah tempat tinggal platipus. Tubuhnya dapat mencapai 60 cm. Paruhnya yang membulat dan bagaikan karet peka terhadap sentuhan dan denyut elektromagnetik halus yang dihasilkan oleh semua hewan. Platipus menggunakan indranya untuk menemukan mangsanya yang tersembunyi di bebawah batuan atau lapisan lumpur di dasar sungai.Ekor Platipus yang berbentuk dayung berguna mengendalikan arah sewaktu berenang.

Sumber: e.encyclopedia

2 komentar: