Senin, 16 Desember 2013

Ekosistem


EKOSISTEM

 

Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya yang tak terpisahkan.

Satuan makhluk hidup dalam ekosistem


·         Individu : Makhluk hidup tunggal yang secara otonom dapat melakukan proses kehidupan secara mandiri. Contoh : seekor rusa, sebatang pohon jambu, seekor tapir dll.
·         Populasi : Kumpulan dari individu-individu yang terdiri dari satu spesies yang menempati waktu tertentu, dalam waktu tertentu, mengandalkan sumberdaya yang sama dan memungkinkan saling berinteraksi.
·         Komunitas : Kumpulan dari beberapa populasi yang saling berinteraksi.
·         Bioma : Kesatuan ekosistem dalam skala yang luas yang di bedakan berdasarkan iklim. Contoh : Bioma padang gurun, bioma taiga, bioma hutan hujan tropis, dan bioma tundra.
·         Biosfer: kesatuan ekosistem yang berada di seluruh permukaan bumi.
·         Habitat : Tempat tinggal organisme di alam.
·         Relung/nisia/niche : Kekhasan tiap spesies dalam suatu ekosistem untuk memanfaatkan sumber daya biotik maupun abiotik.

Komponen penyusun ekosistem

1    Komponen Biotik
Komponen biotik adalah komponen yang terdiri dari makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan dan organisme mikroskopis).
Komponen biaotik terdiri dari :
  • Organisme Autotrofik (memberi makan sendiri)
Organisme autotrofik adalah organisme yang mampu memproduksi makanan sendiri. Contoh tumbuhan berklorofil. Berperan sebagai produsen.
  •   Organisme Heterotrofik
Orgaanisme heterotrofik adalah organisme yang memanfaatkan makhluk hidup lain/ bahan organik dari makhluk hidup lain  sebagai sumber makanannya. Berperan sebagai konsumen. Organisme Heterotrofik dibagi menjadi dua yaitu:
·       -  Fogotrof
Fogotrof adalah kelompok organisme yang memperoleh energi dari memakantumbuhan atau organisme lain. Contoh : Kambing yang memakan rumput, Harimau yang memakan rusa.
·        - Saprotrof
Organisme Saprotof disebut juga organisme pengurai, berguna dalam proses pembusukan. Yang termasuk komponen pengurai adalah bakteri dan jamur.
2   Komponen Abiotik
a)      Suhu
b)      Air
c)       Cahaya Matahari
d)      Angin
e)      Batu dan tanah
f)       Iklim
g)      Garam

0 komentar:

Posting Komentar