Senin, 02 Desember 2013

Secuplik Tentang Hewan

*Sumber :Google e.encyclopedia fauna

Menjaga Hubungan (Tentang Paus)

Beberapa jenis paus, termasuk paus selatan sejati, menghasilkan suara yang disebut nyanyian yang dapat mencapai jarak jauh di air. Kegunaan nyanyian tersebut belum dapat diketahui dengan pasti, mungkin mereka menggunakannya untuk menarik pasangan atau tetap berhubungan antar satu dan yang lainnya di samudra yang luas. Aktivitas manusia seperti sonar dan mesin kapal  yang berisik mungkin dapat menghambat paus-paus tersebut berkomunikasi.

 
Menarik Pasangan (Tentang Ikan stickleback)

Ketika musim kawin tiba di musim semi, ikan stickleback jantan mengalami perubahan warna. Tenggorokan dan perutnya berubah menjadimerah terang, matanya menjadi bening, dan sisik perak terlihat pada punggungnya. Penanmpakan ini berarti ikan jantan siap kawin dan mengingatkan jantan lain untuk menjauhinya. Akan tetapi perubahan warna beresiko karena ikan menjadi mudah dilihat pemangsa. (hehehe..... mau kawin aja beresiko.......)


Penghisap Darah (Tentang Lintah)

Lintah memberikan gigitan yang tidak menyakitkan sehingga mangsa tidak menyadari parasit ini sedang menghisap darahnya. Lintah yang sedang menggigit memasukkan protein hirudin yang menghentikan pembekuan darah pada luka di tubuh mangsa. Setelah lintah selesai makan luka akibat gigitan masih mengeluarkan darah.


Lipan

Lipan terlihat berbeda dengan antropoda lainnya, karena memiliki tubuh memanjang. Dengan sepasang kaki pada setiap segmen tubuh. kaki lipan dapat mencapai 180 pasang. mereka adalah pemangsa yang membunuh dengan menggunakan cakar pada kedua sisi kepalanya. kluwing mirip dengan lipan tetapi mereka memiliki dua pasang kaki pada setiap segmen tubuhnya dan merupakan pemakan bangkai serta tumbuhan atau jamur yang membusuk.


Salamander

Ada sekitar 360 spesies salamander dan kadal air. Amfibi langsing berekor ini adalah makhluk pemalu yang menghuni tempat lembap, terutama wilayah sejuk beriklim sedang di belahan bumi utara. kebanyakan spesies bermetamorfosis. namun ada beberapa slamander air yang mempertahankan ciri-ciri larva saat dewasa terutama insang luar dan sirip. Salamander air makan bekicot, kecebong dan ikan kecil, mereka menggunakan indra penciuman untuk menemukan mangsa.
 

0 komentar:

Posting Komentar