Senin, 16 Desember 2013

Tumbuhan Belah


  Tumbuhan Belah

Tumbuhan Belah berkembang biak dengan membelah diri, bersel satu dan tidak mempunyai inti sel. Ukuran tubuhnya sangat kecil ada yang mencapai 10x25 mili mikron. Karena itu untuk mengamatinya harus menggunakan mikroskop.
Tumbuhan belah dibagi menjadi dua golongan yaitu :
a.       Ganggang Biru Hijau
Ganggang biru hijau tidak memiliki inti sel, bersel satu dengan klorofil. Ada yang hidup bebas ada yang hidup bersimbiosis dengan makhluk hidup lainnya. Berkembang biak dengan membelah diri. Hidup berkelompok sebagai bentos, sebagai perifiton di air atau menempel pada pohon. Contoh ganggang biru hijau adalah : Oscillatoria, Anabaena Azollae, Cyanobacteria, Gloeocapsa Magma.
b.      Jamur Belah (bakteri)
Jamur belah lebih dikenal sebagai bakteri. Bakteri terdapat dimana-mana. Tubuhnya brsel satu, tidak mempunyai dinding inti dan umumnya tidak berklorofil. Tetapi ada juga yang berpigmen seperti klorofil untuk fotosintesis. Ukurannya 1-100 mikron jadi dapat dilihat dengan mikroskop cahaya. Berkembang biak dengan membelah diri. Bila lingkungannya kurang menguntungkan misal tidak ada air tubuhnya dapat membentuk endospora. Dinding selnya dilapisi gelatin yang berbentuk lendir. Bakteri ada yang merugikan dan ada yang menguntungkan. Bakteri yang menguntungkan misalnya Rhizobium Leguminosarium merupakan bakteri pengikat nitrogen penghuni tanah.
Bakteri merugikan atau patogen yaitu bakteri yang hidupnya dan pembiakannya bergantung pada makhluk hidup lainnya. Bisa menyebabkan penyakit tetanus, pes, tifus, sifilis, disentri, kolera, batuk rejan dll. Cara mencegah penyakit yang di sebabkan bakteri yaitu dengan cara memberikan vaksinasi. Vaksinasi adalah menyuntikkan bibit penyakit yang telah dilumpuhkan atau dilemahkan ke dalam tubuh manusia agar kebal terhadap penyakit tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar