Kamis, 19 Desember 2013

Karang


Karang

Walaupun mirip tumbuhan, karang termasuk hewan tingkat rendah yang hidup di dasar laut. Mereka memiliki bagian tubuh lunak yang di sebut polip, serta memiliki tentakel bersengat. Mereka hidup dalam kelompok yang disebut koloni. Karang termasuk ke dalam kelompok hewan yang disebut knidaria (invertebrata yang bertubuh lunak dan bertentakel).
Tipe-tipe Karang.

§      Karang Otak
Umumnya berbentuk bundar berdiameter 1 m atau lebih. Permukaannya memiliki struktur mirip dengan otak. Karang ini dapat tumbuh di tabir laut karena karang ini tahan dengan hempasan ombak.

§      Karang Tanduk Rusa
Karang jenis ini tumbuh paling cepat, dapat tumbuh hingga 15 cm per tahun. Karang ini membutuhkan banyak cahaya dan rapuh sehingga umumnya tumbuh di wilayah terumbu yang terlindungi.

§      Karang Jamur
Tidak seperti karang umumnya, jenis ini tidak berkoloni. Diameternya mencapai 10 cm, dan umumnya ditemukan di dasar laut. Jika tubuhnya terbalik akibat ombak, tentakelnya akan bekerja mengembalikan posisinya.

§      Karang Pipa Orgel
Pada jenis ini polip terletak dalam barisan paralel yang menyerupai pipa-pipa orgel kecil. Polip berwarna hijau, namun cangkang berbentuk tabung. Hewan karang ini umumnya berwarna merah gelap.

(Sumber : Google e.encyclopediafauna)

0 komentar:

Posting Komentar